Rabu, 06 Januari 2016

Budaya, Makanan dan Ciri khas Kediri

 Budaya kediri


                                                           sumber : http://www.image.google.com
  Di kediri ada beberapa macam kesenian di antaranya adalah kesenian jaranan yang mengandung unsur magis di dalam tariannya di mana bakal ada salah satu di antara penarinya akan mengalami kesurupan (kerasukan) dan melakukan aksi yang berbahaya terkadang di liar pikiran manusia yaitu memakan kembang (bunga) atau memakan kembang (bunga) atau memakan pecahan beling (kaca) dan di dalam penampilannya di iringi iringan musik yang  dinamis. Kesenian jaranan ini banyak di gemari oleh masyarakat karena ketika pemainnya mengalami kesurupan (kerasukan) dapat melakukan atraksi yang bisa di bilang sangat membahayakan dan kesenian jaranan ini banyak di gemari dari orang dewasa sampai anak-anak.
 Jaranan merupakan kesenian khas yang sangat populer di kabupaten kediri.

Makanan Khas Kediri







 Makanan khas yang terdapat di kediri salah satunya adalah gethuk pisang dan tahu kuning. Gethuk pisang ini banyak di kenal oleh masyarakat karena rasa gethuknya yang manis dan pisangnya di buat dari pisang nangka yang baunya sangat harum dan enak rasanya dan gethuk pisangnya bungkus dari daun pisang yang hampir mirip dengan lontong. Nahh satu lagi tahu kuningnya, tahu kuning ini mempunyai rasa gurih dan tidak ada rasa masam sama sekali dan yang membedakan dari tahu kuning ini dengan tahu lainnya adalah tahu kuning ini jika di goreng luarnya gurih dan dalamnya tetap lembut.

Ciri Khas kediri



                                             sumber : http://www.image.google.com
  Simpang Lima Gumul ini merupakan ciri khas kabupaten kediri nahhh kalian pasti pada tahu kalau monumen simpang lima gumul ini hampir mirip dengan monumen yang di bangun di perancis. Yang membedakan monumen simpang lima gumul ini memiliki spirit berdirinya di kabupaten kediri sehingga monumen ini di posisikan tepat di tengah- tengah jalur lima arah pare, plosklaten,pesantren menang dan kediri. Di sisi" monumen kediri terdapat pahatan-pahatan relief tentang sejarah kediri hingga kesenian&kebudayaan yang ada sekarang. Monumen ini merupakan icon di kabupaten kediri. Kawasan ini tak pernah sepi pengunjung di malam hari kita dapat menikmati kuliner tradisional yang ada di pasar tugu (sabtu minggu) yang berjualan adalah pedagang kaki lima yang berjejeran di pasar tugu dan pada hari sabtu minggu pagi kawasan ini ramai pengunjung yang berolahraga diantaranya ada yang senam di lakukan di area depan gumul paradise island (GPL) dan ada yang melakukan Car Free Day (CFD).Dan masih banyak lainnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar